Kunjungan USIM menuju UMY

February 1, 2018, oleh: superadmin

International Program of Accounting Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPAcc UMY) menerima kunjungan dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) pada hari Selasa (22/8) di ruang ampi teater Pasca Sarjana UMY. Dalam kunjungan tersebut, IPAcc dan USIM membahas banyak hal melalui berbagai kegiatan seperti Public Lecturer yang diisi oleh pembicara Rudy Suryanto, SE, M.Acc dengan tema Enterprise Resource Planning (ERP), Forum Group Discussion (FGD), Monsoon Game dan diskusi mengenai pertukaran pelajar dalam Akuntansi.
Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.30-16.00 WIB dan dihadiri oleh Kepala Program Studi Akuntansi, beberapa dosen, seluruh mahasiswa IPAcc UMY dan 27 mahasiswa serta 2 dosen pendamping dari USIM Malaysia. Dalam kunjungan tersebut, seluruh peserta sangat antusias untuk menjalin kerjasama dan mempererat hubungan antara IPAcc UMY dan Akuntansi USIM Malaysia.
Salah satu dosen dari USIM dr. Nurhidayah Laila mengatakan, kunjungan ini merupakan program dari USIM untuk mengenalkan budaya luar kepada mahasiswanya. “Ini adalah program kami untuk mengenalkan budaya yang ada di negara lain kepada para siswa. Dengan demikian, siswa kita dapat mengetahui keindahan hidup dalam kesatuan tanpa saling menghangat dan mengetahui kemajuan yang sedang terjadi sekaligus belajar hal-hal baru di Republik Indonesia khususnya di bidang akuntansi konvensional dan Islam. Selain kunjungan ke Indonesia, USIM juga melakukan kunjungan ke beberapa negara lain seperti Thailand, Vietnam, Australia, dan AS. Selain itu, kami juga mengunjungi beberapa industri di beberapa negara, “katanya. .
Ia juga menjelaskan pemilihan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tujuan kunjungan USIM ke Indonesia. Menurutnya, antara UMY dan USIM keduanya belajar tentang akuntansi konvensional dan Islam dan telah lama bekerja sama. Hal ini terbukti dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan seperti pertukaran mahasiswa yang telah dilakukan selama ini. Nurhidayah juga berharap agar acara ini dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan jurusan lain selain jurusan Akuntansi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dan kualitas siswa antara kedua universitas tersebut ke arah yang jauh lebih baik dan lebih sportif.
Sementara itu, kepala komunitas mahasiswa akuntansi internasional, Zico Septian Arnar mengatakan bahwa semua peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara yang telah dijadwalkan. Zico juga berharap dengan adanya acara ini hubungan baik antara kedua Universitas tersebut bisa saling terjalin erat sehingga bisa menumbuhkan rasa persaudaraan dan ikatan kekerabatan yang terikat pada tali persatuan antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu, program pertukaran pelajar yang terjalin dapat semakin meningkat dan siswa yang mengikuti program bisa mendapatkan gelar ganda. Setelah kunjungan USIM, IPAcc UMY juga berencana untuk mengadakan kunjungan balasan ke USIM pada 2018.