February 1, 2018, oleh: superadmin

International program of Accounting (IPAcc) adalah salah satu program kelas Internasional di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Untuk mendorong kegiatan belajar siswa sekaligus mengenalkan lingkungan Internasional sebagai bagian dari kegiatan akademik Program IPAcc, IPAcc UMY mengundang dosen asing dari Universiti Kebangsaan Malaysia UKM), sebagai pembicara dalam kuliah umum pada hari Jumat (20/10) di gedung E7. Gedung B Gedung KH Ibrahim, UMY.
Assoc. Prof. Noradiva Hamzah adalah dosen senior Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universiti Kebangsaan Malaysia. Beliau berkompeten di bidang teori akuntansi dan analisis keuangan. Dalam kuliah umum yang berkaitan dengan analisis informasi keuangan dan dihadiri oleh 100 mahasiswa akuntansi UMY, beliau menjelaskan secara rinci tentang deteksi kecurangan melalui analisis keuangan.

“Kecurangan adalah tindakan yang disengaja oleh satu atau lebih individu di antara manajemen, mereka yang bertanggung jawab atas pemerintahan, karyawan atau pihak ketiga yang melibatkan penggunaan kecurangan untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil atau ilegal.” Kata Noradiva. Noradiva menambahkan kecurangan berbeda dengan kesalahan. Kesalahan tidak disertai dengan upaya untuk menutupi atau menyembunyikan kesalahan, sedangkan kecurangan melibatkan perangkat yang mencakup seperti kolusi, pemalsuan, kelalaian atau keliru yang disengaja.
“Kecurangan dalam penyajian laporan keuangan penting menjadi perhatian agar tindakan ini dapat dideteksi dan dieliminasi sehingga laporan keuangan akan dipercaya oleh pemangku kepentingan dan masyarakat. Selain itu, auditor akan dapat memperbaiki kualitas audit dan mendapatkan kepercayaan dari pihak yang berkepentingan dan masyarakat.

Acara ini mendapat perhatian baik dari para peserta, dimana banyak siswa antusias untuk mengajukan pertanyaan terkait topik tersebut. Kuliah umum dengan pembicara asing akan menjadi agenda rutin dari Program Studi Akuntansi sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa akuntansi UMY.