Semakin Besar Kesempatan Mahasiswa IPAcc untuk Bergabung dengan Program Pertukaran Siswa

January 31, 2018, oleh: superadmin

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) terus meningkatkan kualitasnya dengan memperkuat kerjasama dengan universitas luar negeri, salah satunya adalah Universitas Sains Islam Malaysia (USIM). Dalam menjalin hubungan dengan USIM, FEB UMY melakukan kunjungan akademis ke USIM untuk membahas kemungkinan peningkatan kuota program Student Exchange.
Dr. Rizal Yaya, M.Sc. Ak. CA sebagai dekan FEB UMY mengatakan bahwa program Student Exchange merupakan salah satu cara dalam mendukung misi UMY menjadi The World Class University. Oleh karena itu, program ini menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi. “Kunjungan kami ke USIM ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama yang telah terjalin. FEB UMY dan USIM telah bekerja sama sejak tahun 2016 dalam hal program Pertukaran Mahasiswa. Kunjungan kami juga untuk menegosiasikan kemungkinan peningkatan jumlah peserta program tersebut. Dengan adanya program ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa UMY terutama mahasiswa FEB dengan kesempatan lebih besar mengikuti pertukaran mahasiswa, “kata Rizal.

Selanjutnya, Rizal menambahkan, UMY sangat mendukung mahasiswa yang mengikuti program credit transfer dengan kebijakan pengucapan uang kuliah. “Jadi siswa yang mengikuti credit transfer, tidak hanya berkesempatan belajar di luar negeri tapi juga terbebas dari uang kuliah di UMY. Bagi USIM, UMY telah menjadi mitra strategis untuk mengembangkan pengetahuan mereka,” kata Rizal.
Dalam kunjungan tersebut Rizal juga mengunjungi dua kampus yang tertarik untuk melakukan program pertukaran pelajar dengan UMY, yaitu Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Islam Internasional Malaysia (IIUM), meskipun sampai saat ini masih fokus pada program akuntansi saja. “Dalam pertemuan yang dihadiri langsung oleh Dekan FEM UKM, disepakati bahwa kuota pertama untuk program pertukaran pelajar adalah untuk 3 siswa, yang akan diadakan pada bulan Februari tahun depan. Kesepakatan yang sama juga dilakukan dengan IIUM yang bersedia melaksanakan mentransfer program kredit dengan kuota yang sama seperti UKM. Kolaborasi dengan IIUM telah dilakukan selama beberapa tahun sejak dilakukan penelitian bersama antara UMY dan IIUM.