International Program of Accounting (IPAcc), Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UMY kembali menghadirkan dosen tamu dari luar negeri untuk memberikan kuliah kepada mahasiswa IPAcc. Program yang dinamakan Visiting Profesor ini mengundang Dr. Yuni Yuningsih dari Curtin University untuk mengajar mata kuliah Cost Accounting kepada mahasiswa semester 2 IPAcc. Dr. Yuni sendiri sekarang menjabat sebagai Head of Management Accounting Dept., School of Accounting, Curtin Business School, Curtin University, Australia.

Program yang berlangsung pada bulan Februari 2017 ini merupakan bagian dari program rutin IPAcc yang dilaksanakan setiap tahun. Program Visiting Professor ini bertujuan memberikan suasana akademik yang lebih variatif kepada mahasiswa. Selain mahasiswa dapat merasakan pengalaman diajar oleh dosen dari luar negeri yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahasa Inggris, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangkitkan motivasi mahasiswa untuk lebih giat dalam mendalami ilmu akuntansi sekaligus meraih impian mereka untuk go internasional. Selain mengajar mata kuliah Cost Accounting, Dr. Yuni juga melakukan aktivitas akademik lainnya seperti memberikan kuliah umum kepada mahasiswa akuntansi dan juga workshop dengan dosen akuntansi UMY.

Peserta dalam kuliah umum Dr. Yuni yang mengambil topik “Riset Akuntansi dan Metodologi Penelitian” adalah mahasiswa akuntansi yang mengambil mata kuliah desain riset.  Mahasiswa yang akan mengambil skripsi semester depan ini mendapatkan materi current issue penelitian di bidang akuntansi sehingga diharapkan dapat lebih fokus dalam memilih topik untuk skripsi nanti. Tak hanya itu, Dr. Yuni juga memberikan tips kepada mahasiswa untuk dapat berkuliah di luar negeri. Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang harus lebih dari yang disyaratkan oleh universitas di luar sana. Kedua, kemampuan Berbahasa Inggris yang memadai yang akan bisa dicapai dengan berlatih setiap saat, Kemudian, perilaku juga menjadi hal yang harus diperhatikan karena perilaku akan menentukan layak tidaknya seseorang untuk bergabung dalam sebuah institusi dan untuk dapat bertahan di institusi tersebut. Selain itu kerja keras sangat diperlukan untuk menempuh studi tersebut.

Dr. Yuni juga memberikan workshop pada dosen-dosen akuntansi dengan tema “Kurikulum Akuntansi dan Metode Pembelajaran”. Dosen mendapatkan gambaran bagaimana kurikulum yang digunakan oleh Curtin University dan bagaimana metode pembelajaran yang dijalankan. Kiat-kiat bagaimana publikasi di jurnal Internasional juga disampaikan pada kesempatan tersebut. Di akhir program, Dr. Yuni menjadi pembicara pada seminar International Conference on Accounting and Finance 3 (ICAF 3) 2017 yang merupakan kegiatan rutin unggulan dari Jurusan Akuntansi UMY. Program Visiting Professor merupakan satu dari rangkaian program internasionalisasi yang didorong oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta disamping program-program yang lain seperti joint research dan student mobility. Program-program internasionalisasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas sistem pembelajaran di prodi Akuntansi UMY .

Facebook Comments