IPAcc UMY menjalin kerjasama dengan School of Accounting UKM

Desember 29, 2016 oleh : superadmin-ipacc

UMY sebagai universitas yang memiliki slogan “MUDA MENDUNIA” terus berusaha untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan bertaraf Internasional dengan menjalin kerjasama dengan institute pendidikan dari luar negeri. Salah satunya, International Program of Accounting (IPAcc) UMY pada hari Ju’mat 25 Oktober 2016 melakukan kunjungan ke Program School of Accounting UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) untuk memperat tali silaturahmi sekaligus melakukan pertemuan untuk rencana kerjasama Internasional antara dua program studi ini, IPAcc UMY dan School of Accounting, Fakulti Ekonomi Pengurusan, UKM. Pada pertemuan tersebut Asociate Professor Sofiah Md Auzair selaku Pengerusi Pusat School of Acoounting, UKM bersama Associate Professor  Mohd Rizal Palil selaku Ketua Program Pusat Pengajian Program Perakunan UKM beserta Staff pengajar menyambut dengan antusias program kerja sama internasional tersebut.

Direktur IPAcc, Peni Nugraheni, S.E., M.Sc., Ak., CA, menjelaskan kunjungan akademik ke UKM merupakan inisiasi awal untuk menjalin kerja sama dalam bentuk program kegiatan yang bermanfaat untuk kedua belah pihak. Dari diskusi yang dilakukan telah disepakai bentuk-bentuk kerjasama yang bisa dilakukan diantaranya kegiatan pertukaran pelajar (student exchange), pertukaran dosen (Visiting Lecturer), joint research dan joint conference. Diharapkan kegiatan tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap IPAcc dalam rangka meningkatkan kualitas iklim akademik di masa yang akan datang.

IPAcc UMY memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi mahasiswa program akuntansi Internasional. Maka dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pembahasan mendalam tentang persiapan program pertukaran pelajar antar universitas yang meliputi konsep program kurikulum pembelajaran, dan pemilihan peserta mahasiswa. Program ini menekankan seperti apa kajian yang akan diberikan terhadap pelajar bilamana pelajar UMY mengikuti system pembelajaran di UKM dan sebaliknya seperti apa dan bagaimana kajian yang didapat oleh mahasiswa UKM  selama mengikuti pertukaran pelajar di UMY. Diharapkan dengan adanya kunjungan persahabatan ini dapat membuka peluang kerjasama pendidikan, pertukaran dosen dan mahasiswa serta kerja sama riset antar universitas di Malaysia dan Indonesia.

– Rahma Octaviani

Facebook Comments