Student Exchange ke University Sains Islam Malaysia (USIM) merupakan program exchange yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMY, dan membuka wawasan mahasiswa khususnya mahasiswa FEB untuk bisa mengikuti program ini dan mendapatkan pengalaman yang berharga. Alhamdulillah, saya Didik Fahmy Lasodi, mahasiswa akuntansi angkatan 2014 merupakan bagian dari program kegiatan ini bersama 4 teman lainnya yang juga angkatan 2014 (manajemen 2 orang dan IPIEF 2 orang) saya merupakan perwakilan satu-satunyanya dari akuntansi walaupun terasa berat untuk melakukan kegiatan ini di kelas yang berbeda dengan teman-teman lainnya karena berbeda jurusan  pastinya di Kampus USIM.

Pada tanggal 31 Oktober 2016, keberangkatan kita dari Jakarta ke Kuala Lumpur International Airport, ini kali kedua saya berpergian ke Malaysia. Pengalaman penting menambah wawasan dan bisa menambah channel lagi di negeri orang ditambah dengan adanya teman exchange juga dari universitas lain yang mengikuti program exchange ke USIM juga. Sayangnya keberangkatan pada batch 1 program exchange ini terhambat oleh visa keberangktan ke Malaysia, factor ini membuat saya dan teman-teman baru masuk perkuliahan di USIM di pertengahan semester.

Perkuliahan di USIM sendiri tentu terasa berbeda dibandingkan dengan saat kuliah di UMY, baik pada suasana kelas yang tentu menggunakan bahasa Inggris, fasilitas yang tersedia di kampus dan juga pergaulan dengan mahasiswa USIM sendiri. Suasana mahasiswa yang Islami mendukung teman-teman dari Indonesia untuk banyak belajar bagaimana bisa atau hal apa yang mendorong mahasiswa dan mahasiswi disana terasa akan nilai-nilai islam yang sangat dijunjung tinggi-tinggi. Ada juga hal yang menarik dari perkuliahan yang didapat disana yaitu saat exam (Ujian Akhir) dimana semua mahasiswa melakukan Ujian di Canselor (Auditorium) jadi semua mahasiswa yang berasal dari fakultas yang berbeda terkumpul menjadi satu di ruangan yang sama.

Di Malaysia sendiri kami tidak hanya hendak melakukan perkulihan saja melainkan mengikuti program-program dari SEKRE FEM (Sama seperti BEM Fakultas di UMY) yang mengikutkan kami dalam setiap kegiatan mereka berkunjung ke Universitas lainnya di Malaysia seperti ke UUM (Universitas Utara Malaysia) di daerah kedah, dan juga berkunjung ke fakultas kedokteran mereka yang dimana saat itu berbeda tempatnya karena berada di Kuala Lumpur sedangkan kampus utama yang berada di Nilai,Negeri Sembilan. Dengan ini mudah-mudahan temen-temen, adik-adik di kampus UMY khususnya fakultas ekonomi dan bisnis bisa meneruskan perjalanan kita yang telah berkerjasama dengan kampus USIM semoga bisa mendapatkan pengalaman yang seru di masa muda dan terus membawa nama baik kampus kita.

Didik Fahmi Lasodi

(Akuntansi 2014) 

Facebook Comments