Akuntansi FEB UMY dengan Universitas Muhammadiyah Sidoharjo

Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) kembali mengadakan studi banding dengan universitas di Indonesia. Studi banding dilakukan dengan Universitas Muhammadiyah Padang dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Studi Banding diselenggarakan guna bertukar informasi serta pengalaman antar kedua universitas. Studi banding dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 Januari 2017 dan 27 Januari 2017.

Studi banding hari pertama dilakukan dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Studi banding diawali dengan sambutan serta perkenalan dari kepala program studi akuntansi UMSIDA serta dari kepala laboratorium akuntansi UMY bapak Sigit Arie Wibowo, S.E., M.Acc., Ak., CA. Dalam acara ini kedua universitas memperkenalkan praktikum-praktikum yang sudah ada di universitas masing-masing. Hasil dari studi banding ini adalah Univeritas Muhammadiyah Sidoarjo tertarik untuk bekerja sama dengan Laboratorium Akuntansi FEB UMY dalam praktikum pengauditan. UMSIDA tertarik untuk menambah praktikum pengauditan berbasis web seperti yang sudah diterapkan di Program Studi Akuntansi FEB UMY. Saat ini kedua pihak sepakat akan membuat Memorandum of Agreement (MOA) mengenai kerjasama praktikum audit berbasis web. Laboratorium Akuntansi FEB UMY akan memberikan pelatihan kepada Laboratorium Akuntansi UMSIDA agar dapat menerapkan praktikum audit berbasis web.

 

Akuntansi FEB UMY dengan Universitas Muhammadiyah Padang

Studi banding berlanjut pada hari kedua pada tanggal 27 Januari 2017. Pada hari kedua studi banding dilakukan dengan Universitas Muhammadiyah Padang. Studi banding ini juga dihadiri oleh managing editor dari Jurnal Akuntansi dan Investasi (JAI) UMY yaitu Hafiez Sofyani, S.E., M.Sc serta dosen akuntansi Dr. Ahim Abdurrahim, M.Si., SAS., Ak., CA.

Diskusi hari kedua ini memperkenalkan program-program yang ada dikedua laboratorium. Laboratorium akuntansi FEB UMY memperkenalkan terdapat 7 praktikum yang sudah dijalankan, namun tidak menutup kemungkinan akan menambah praktikum-praktikum lain seperti praktikum pajak. Selain itu juga managing editor JAI memperkenalkan jurnal yang akuntansi FEB UMY. Jurnal ini sudah rutin diterbitkan setiap 6 bulan sekali.

Pada akhir diskusi, Bapak Sigit Arie Wibowo selaku kepala laboratorium akuntansi mengucapkan terimakasih kepada dosen Universitas Muhammadiyah Padang serta doa agar kedepannya dapat terjalin kerjasama antar kedua universitas.

 

Facebook Comments