Visiting USIM Malaysia to IPAcc UMY

Agustus 26, 2017 oleh : superadmin-ipacc

Internasional Program of Accounting Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPAcc UMY) menerima kunjungan dari Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) pada Selasa (22/8) di ruang amphiteater Pasca Sarjana Kampus Terpadu UMY. Dalam kunjungan tersebut, keduanya berdiskusi mengenai banyak hal melalui berbagai kegiatan seperti Public Lecture yang diisi oleh pembicara Rudy Suryanto, S.E, M.Acc dengan tema bahasan Enterprise Resource Planning (ERP), Forum Group Discussion (FGD) dan Monsoon Game serta diskusi mengenai pertukaran pelajar pada program studi akuntansi.

Semua rangkaian kegiatan dimulai dari pukul 8:30 pagi sampai 16:00 sore dan dihadiri oleh kepala program studi akuntansi, sejumlah dosen dan seluruh mahasiswa IPAcc UMY beserta 27 mahasiswa dan 2 dosen pendamping dari USIM Malaysia. Dalam kunjungan itu semua peserta sangat antusias menjalin kerjasama dan mengeratkan tali silaturahim antara IPAcc UMY dan Bachelor of Accounting USIM Malaysia

Salah satu dosen dari USIM  dr. Nurhidayah Laila mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan program dari USIM untuk mengenalkan budaya luar kepada mahasiswanya. “Ini adalah program kami untuk mengenalkan budaya yang ada di negara lain kepada mahasiswa. Sehingga, mahasiswa kami dapat mengetahui indahnya hidup dalam keserumpunan tanpa saling memanaskan satu sama lain dan mengetahui perkembangan yang terjadi serta belajar hal baru di Republik Indonesia khususnya mengenai akuntansi konvensional dan Islam. Selain Negara Indonesia USIM juga melakukan kunjungan ke beberapa Negara tetangga lain seperti Thailand, Vietnam, Australia, dan U.S. Selain itu, kami juga berkunjung ke beberapa industri di beberapa negara,” ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan dipilihnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tujuan kunjungannya ke Indonesia. Menurutnya, antara UMY dan USIM sama-sama mempelajari tentang akuntansi konvensional dan Islam serta telah menjalin kerjasama sejak lama. Hal tersebut terlihat dari berbagai kegiatan yang telah terlaksana diantaranya seperti pertukaran pelajar yang telah dilakukan selama ini. Nurhidayah juga berharap dengan adanya acara ini bisa lebih meningkatkan kerjasama dengan jurusan lain selain jurusan akuntansi, sehingga bisa meningkatan mutu pendidikan, dan mutu mahasiswa antar kedua universitas ke arah yang jauh lebih baik dan lebih sportivitas.

Sementara itu, ketua komunitas mahasiswa akuntansi internasioal UMY Zico Septian Arnar mengatakan bahwa seluruh peserta sangat antusias mengikuti rangkain acara yang telah diagendakan tersebut. Zico juga berharap dengan adanya acara ini hubungan baik antara kedua program studi dapat lebih erat terjalin sehingga menumbuhkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang diikat dalam tali keserumpunan antara Indonesia dan Malaysia. Selain itu  program pertukaran pelajar yang terjalin bisa lebih meningkat lagi dan mahasiswa yang mengikuti program tersebut bisa mendapatkan gelar double degree. Setelah kunjungan dari pihak USIM tersebut, IPAcc UMY juga berencana akan mengadakan kunjungan balasan ke USIM pada tahun 2018

Informasi lebih lanjut kunjungi http://www.umy.ac.id/ipacc-umy-terima-kunjungan-dari-usim.html

Facebook Comments